KPU Provinsi Sosialisasikan Mekanisme Pencalonan Pilgub 2018

Mataram -( bacaberita.today ). KPU Provinsi Nusa Tenggara Barat  mensosialisasikan  mekanisme pencalonan Pilgub NTB 2018, Senin (9/10)....


Mataram -(bacaberita.today). KPU Provinsi Nusa Tenggara Barat mensosialisasikan mekanisme pencalonan Pilgub NTB 2018, Senin (9/10). Acara dibagi menjadi dua sesi, Sesi Pertama untuk mekanisme penyerahan syarat dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan dan Sesi Kedua untuk Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubenur yang diusung oleh partai politik.

Pada Sesi pertama, peserta yang hadir yakni diantaranya Tim Pasangan Calon Lalu Rudy Irham Srigede, Tim Pasangan Calon Prof Sunarpi, Tim Pasangan calon Ali Bin Dahlan, Tim dan Calon Ahmad Rusni. dan Tim beserta calon Abdul Hakim. Hadir pula penggagas Pilkada jalur perseorangan H. Lalu Ranggalawe, memberikan semangat kepada Tim pasangan Calon.

Ketua KPU Prov NTB Lalu Aksar Ansori mengatakan acara sosialisasi ini bertujuan untuk menyampaikan aturan main, apa saja yang harus dimiliki oleh figur-figur yang berminat menjadi calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB 2018 melalui calon perseorangan.

Dijelaskannya, pada tanggal 10 September 2017 KPU Prov NTB telah menetapkan Keputusan tentang jumlah dukungan minimal dan sebaran untuk menjadi bakal calon calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB melalui jalur perseorangan. 
Selain itu, KPU Prov NTB pada tanggal 17 September 2017, juga telah menetapkan seluruh aturan yakni sebanyak sepuluh pedoman teknis dan dua buah keputusan yang menjadi regulasi pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB 2018.

Bagi Bakal Pasangan calon, pedoman teknis dan keputusan tersebut dapat di unduh di laman JDIH KPU NTB, ungkap Lalu Aksar.

Untuk syarat dukungan minimal maju menjadi Bakal Calon Gubenur dan Wakil Gubernur NTB melalui jalur perseorangan, Bakal Calon harus menyerahkan surat dukungan dengan lampiran sekurang-kurangnya 303.331 fotocopy KTP elektronik atau Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan Catatan Sipil, dengan sebaran sekurang-kurangnya di 6 Kab/Kota se NTB.

Nanti pada tanggal 9 - 22 November, KPU Prov NTB akan mengumumkan pendaftaran dan syarat-syarat untuk calon perseorangan, dimana penyerahan dukungannya akan dimulai pada tanggal tanggal 22 - 26 November 2017 pada pukul 08.00 Wita sampai 16.00 Wita.

Menurut Aksar, ada tiga tahap penyerahan dukungan, pertama, KPU Prov NTB akan menghitung jumlah minimal dan sebaran dukungan, tentu harus sesuai jumlah yang dibuat per desa dan kelurahan, baik kolektif maupun orang-perorangan, dengan lampirannya serta urutannya. Selain itu hardcopy harus dibuat tiga rangkap dan juga softcopynya harus sesuai juga, sambung Aksar.

“Kalau sudah sesuai seluruhnya baik hardcopy maupun softcopynya, serta jumlah dukungan minimal dan sebarannya, barulah KPU Prov NTB akan memberikan Tanda Terima. Namun itu baru untuk jumlah dukungan minimal dan sebaran saja”, ujar Aksar

Kemudian di tahap kedua, verifikasi administrasi. Pada fase ini akan lebih detail. KPU Prov NTB akan mengecek apakah nama, NIK, Tempat Tanggal Lahir, NKK dan kolom-kolom lainnya sesuai dengan lampiran fotocopy KTP eletronik atau tidak.

Disini akan ketahuan, apakah data yang diserahkan hanya untuk mencukupi jumlahnya saja, padahal didalamnya dilakukan manipulasi penyajian data. Hal itu akan diketahui pada tahap verifkasi administrasi tanggal 22 November sampai dengan 5 Desember 2017.

Lalu di tahap ketiga barulah  KPU Prov NTB akan melihat juga potensi kegandaan. Dari hasil-hasil verifikasi administrasi dan analisis kegandaan ini akan dikirim ke PPS untuk dilakukan verifikasi faktual pada tanggal 12 Desember sampai dengan 25 Desember 2017.

“Jadi semua ini masih bicara penyerahan dukungan semua. Kalau terjadi kekurangan, masih ada masa perbaikan. Jangan dikira setelah diterima dianggap otomatis sebagai calon, tidak, tegas Aksar.

Untuk pendaftaran, baik itu melalui jalur parpol maupun perseorangan jadwalnya sama, yakni pada tanggal 8 - 10 Januari 2018. Khusus calon perseorangan, bukan berarti pada saat pendaftaran dianggap sudah lolos juga, itu belum sama sekali. Karena nanti ada masa penyerahan dukungan perbaikan yang apabila verfikasi faktual tahap pertama pada tanggal 12 sampai 25 Desember 2017 tersebut, belum terpenuhi dukungan dan sebaran minimalnya. “Jadi kekurangannya itu akan ada penyerahan di tahap kedua”, papar Aksar.

Pada Sei pertama ini, bakal Calon dan Tim Persorangan cukup antusias menanyakan mekanisme penyerahan dukungan, seperti bagaimana cara penyusunan daftar dukungan, bagaimana jika orang yang telah didata KTP nya lantas menyatakan tidak mendukung, hingga bagaimana teknis verifikasi factual oleh petugas KPU di Lapangan.

Sementara itu pada sesi kedua yang dihadiri Partai Politik, Ketua Divisi Teknis KPU Prov NTB Suhardi Soud mengatakan bahwa dalam proses pencalonan terdapat syarat calon dan syarat pencalonan. Syarat calon sifatnya individual, sedangkan syarat pencalonan itu sifatnya kewajiban yang harus dipenuhi oleh partai pengusung.

Suhardi juga menyampaikan larangan-larangan bagi calon Gubernur dan Wakil Gubenur diantaranya, calon dilarang seorang mantan terpidana, bandar narkoba atau mantan terpidana kejahatan seksual terhadap anak.

Bagi mantan terpidana yang telah selesai menjalani masa pemidanaannya, secara kumulatif, wajib memenuhi syarat secara terbuka dan jujur mengemukakan kepada publik dan bukan sebagai pelaku kejahatan yang berulang, kecuali bagi mantan terpidana yang telah selesai menjalani masa pidananya paling singkat lima tahun sebelum jadwal pendaftaran, ungkap Suhardi

Ditambahkannya, masa pendafataran Paslon, partai politik wajib memenuhi persyaratan SK pimpinan Parpol terkait persetujuan paslon dan dokumen syarat calon; SK pengurus Parpol pusat mengenai pengambilalihan wewenang Parpol Prov/Kab/Kota dalam pendaftaran pasangan   calon, bagi Pasangan Calon yang pendaftarannya dilakukan oleh pengurus Partai Politik tingkat pusat.

Kemudian syarat lainnya adalah Parpol wajib menyampaikan SK Pimpinan Parpol pusat  tentang  kepengurusan  Parpol Prov/Kab/Kota; Surat  pernyataan   kesepakatan antar Partai Politik  yang  bergabung  untuk mengusulkan Pasangan Calon, dan Surat Pernyataan kesepakatan Parpol dan paslon untuk mengikuti proses pemilihan, papar Suhardi.

COMMENTS

Name

berita,45,Daerah,38,Entrepreneurship,1,Headlines,66,Lifestyle,5,Lombok Tengah,2,Lombok Timur,1,MotoGP,1,News,166,Olaharaga,2,Opini,11,Pariwisata,1,Pendidikan,11,Pilgub,10,Politik,25,Sepak Bola,4,Tajuk,1,Traveling,15,Viral,15,
ltr
item
Lombok Files: KPU Provinsi Sosialisasikan Mekanisme Pencalonan Pilgub 2018
KPU Provinsi Sosialisasikan Mekanisme Pencalonan Pilgub 2018
https://lh3.googleusercontent.com/-aim542s1tMs/We9IpgXTsJI/AAAAAAAABwY/ljS-yrWU9eM6eJlxBP322_0af1PXVd0XgCHMYCw/s640/FB_IMG_1508853887300.jpg
https://lh3.googleusercontent.com/-aim542s1tMs/We9IpgXTsJI/AAAAAAAABwY/ljS-yrWU9eM6eJlxBP322_0af1PXVd0XgCHMYCw/s72-c/FB_IMG_1508853887300.jpg
Lombok Files
http://www.lombokfiles.com/2017/10/kpu-provinsi-sosialisasikan-mekanisme.html
http://www.lombokfiles.com/
http://www.lombokfiles.com/
http://www.lombokfiles.com/2017/10/kpu-provinsi-sosialisasikan-mekanisme.html
true
7405174042494406170
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy